Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik - Merdeka Belajar

 Salam dan bahagia

Ibu dan bapak guru  Selamat datang di modul membuat dan  memodifikasi modul ajar pada materi  pertama di modul ini kita akan membahas  bagaimana merumuskan pemahaman bermakna  dan pertanyaan pemantik.

Ibu dan bapak guru agar hasilnya  maksimal, ibu dan bapak guru dapat ikut  mencoba merumuskan sambil menyimak  materi ini. Kelak dalam membuat pemahaman  bermakna pertanyaan pemantik ibu dan  bapak bisa bekerjasama bersama guru lain  yang mengajar pada satu fase. Ibu dan  bapak guru kita mengingat kembali yuk  masa-masa ketika kita muda menjadi murid  dahulu. Pelajaran apa yang paling ibu dan  bapak guru sukai. Apakah ada satu  pelajaran menyenangkan yang masih ibu  dan bapak guru ingat dan bisa digunakan  hingga sekarang atau justru ada  pelajaran yang sampai saat ini kita  tidak paham untuk apa kita belajar hal  tersebut. Lalu Mari kita kembali pada  peran kita sebagai guru. Apa saja cara  yang sudah ibu dan bapak guru lakukan  agar murid memahami maksud pembelajaran  dan manfaatnya untuk kehidupan mereka.  

Pemahaman bermakna dapat membantu kita  menjelaskan manfaat pembelajaran dan  tujuan mempelajari sebuah materi ajar. Sebagai pendidik kita berharap jika  murid mengetahui tujuan mereka  mempelajari sebuah materi maka motivasi  intrinsik mereka pun akan tumbuh.  Sementara itu pertanyaan pemantik  merupakan pertanyaan yang seharusnya  mampu dijawab murid setelah mereka  mempelajari materi ajar. Pertanyaan  pemantik dapat berupa satu pertanyaan  untuk satu unit materi bisa juga  berbeda-beda setiap pertemuannya  bergantung dengan konsep yang sedang  dipelajari. Yang penting pertanyaan  pemantik yang dibuat memenuhi kriteria,  Pertanyaan pemantik: 

Rangkaian  pertanyaan mengenai hal paling penting  dalam satu topik pembelajaran.  pertanyaan ini diturunkan dari pemahaman  bermakna dan didiskusikan bersama  murid-murid sebelum memulai topik atau  kelas. Pertanyaan pemantik ini digunakan  membantu murid mencapai pemahaman  bermakna. Pemahaman bermakna ini adalah  pemahaman yang kita ingin murid-murid  capai setelah mempelajari topik tertentu.

Ibu dan bapak guru, yuk kita coba membuat  pertanyaan pemantik pada materi kali ini  kita menggunakan Mapel IPA di fase B  yang telah dibahas di modus sebelumnya  yaitu Materi perubahan wujud zat.  

Tahap 1 

Menuliskan semua ide yang  terlintas dipikiran terkait topik  pelajaran, maka kita tuliskan semua ide  yang berkaitan dengan perubahan wujud  zat misalnya  air menjadi uap bila dipanaskan. Air  menjadi es bila didinginkan dan ide-ide  lainnya. 

  • Membuat es batu adalah perubahan wujud benda. 

  • Kapur barus bisa menyublim.

  • Air yang dimasak terlalu lama di panci bisa habis karena menguap. 

  • Kalau hujan kaca terlihat berembun.

Tahap 2

Dari ide-ide terkait topik yang  telah dituliskan, ibu dan bapak guru  dapat merumuskan pertanyaan pemantik.

Kriteria pertanyaan pemantik:

  • Berupa pertanyaan terbuka, dapat, dan penting diperdebatkan di kelas bersama murid-murid tanpa melakukan proses mencari tahu sebelumnya. 

  • Merupakan inti dari topik pembelajaran.

  • Melahirkan pertanyaan-pertanyaan baru di benak murid dan memikat ketertarikan mereka untuk mempelajari topik pembelajaran.

  • Membahas hal yang konseptual atau memiliki pemahaman filosofis. 

Dengan kriteria  dengan kriteria tadi maka kita dapat  membuat pertanyaan esensial untuk topik  perubahan wujud zat seperti contoh  berikut. 

Perhatikan kolom sebelah kanan  pertanyaan-pertanyaan tersebut bukan  pertanyaan pemantik mengapa?  wiggins dan match dalam bukunya the  understanding by Design menyatakan bahwa  setiap pertanyaan semacam ini hanya  mencari jawaban resmi dan benar sesuai  dengan buku teks. Pertanyaan ini tidak  membutuhkan jawaban dan penyelidikan  yang mendalam. Pertanyaan seperti ini akan  mempersingkat proses penyelidikan yang  sebetulnya diperlukan sebagai itu  pemahaman mendalam. Setelah mendapatkan  pertanyaan pemantik ibu dan bapak guru  dapat melakukan tahap 3 yaitu menyusun  pemahaman bermakna dengan menjawab  pertanyaan berikut.

Tahap 3

Menyusun pemahaman bermakna 

  1. Setelah mempelajari topik ini, apa yang bisa dipahami oleh murid?

  2. Setelah memahami topik ini murid diharapkan bisa melakukan apa?

Berikut adalah contoh pemahaman bermakna  untuk topik perubahan wujud zat  

Pernyataan nomor dua di kolom kanan  bukan merupakan pemahaman bermakna  karena tidak dapat menjawab kedua  pertanyaan kunci di atas. Menurut wedges  dan message pemahaman bermakna merupakan  kalimat lengkap yang mencerminkan  kesimpulan dan dapat diperoleh hanya  melalui proses terpandu dimana murid  dibantu untuk membuat mengenali atau  memverifikasi kesimpulan bukan hanya  dengan diajar atau disampaikan begitu  saja. Pernyataan nomor 2 merupakan  kesimpulan yang bisa diajarkan  begitu saja pada murid-murid, tanpa  melalui proses pencarian belajar. 

Pada  pelaksanaannya tahapan ini tidak harus  dikerjakan secara berurutan bila merasa  lebih mudah menentukan pemahaman  bermakna dahulu baru masuk ke pertanyaan  pemantik boleh saja dilakukan, tergantung  mana yang paling memudahkan. Proses  merumuskan pertanyaan pemantik dan  pemahaman bermakna ini tidak selalu  mudah mengingat capaian pembelajaran  yang beragam dari tiap mata pelajaran.  Agar lebih dapat membayangkannya kita  simak yuk cerita pendek berikut ini  


Cerita belajar aljabar 

Ibu dan bapak guru melalui cerita di atas bahwa bisa saja  ada tantangan untuk mengaitkan topik  pembelajaran dengan kehidupan  sehari-hari murid. Solusinya Kita harus  mencari cara lain dalam memberikan  pemahaman bermakna. Dalam cerita diatas ia mengaitkannya dengan profesi yang  menggunakan topik itu dalam pekerjaannya. Jika menemukan tantangan seperti kasus  tadi ibu dan bapak juga bisa mencoba  mencari tahu di internet. Berdiskusi  dengan sesama rekan atau berkolaborasi  dengan praktisi langsung atau juga  berkolaborasi dengan orangtua murid,  komunitas, institusi dan lain-lain. Dengan  mengetahui manfaat atau aplikasi ilmu  yang  nih murid-murid akan menjadi lebih  respek terhadap ilmu tersebut. Juga  terbuka dengan ragam profesi yang ada di  dunia profesional. Nah ibu dan bapak guru  merumuskan pemahaman bermakna dan  pertanyaan pemantik mungkin hal yang  baru yang menantang bagi kita semua.  Namun sesuai namanya hal ini diharapkan  akan memantik semangat belajar  murid-murid kita dan memberi makna pada  pemahaman yang berusaha mereka pelajari  bersama-sama dengan kita di kelas.


Comments

Popular posts from this blog

Membuat Lembar Amatan Bahasa Indonesia - Merdeka Belajar

Soal Post Test Refleksi dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK1.