Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik - Merdeka Belajar
Salam dan bahagia
Ibu dan bapak guru Selamat datang di modul membuat dan memodifikasi modul ajar pada materi pertama di modul ini kita akan membahas bagaimana merumuskan pemahaman bermakna dan pertanyaan pemantik.
Ibu dan bapak guru agar hasilnya maksimal, ibu dan bapak guru dapat ikut mencoba merumuskan sambil menyimak materi ini. Kelak dalam membuat pemahaman bermakna pertanyaan pemantik ibu dan bapak bisa bekerjasama bersama guru lain yang mengajar pada satu fase. Ibu dan bapak guru kita mengingat kembali yuk masa-masa ketika kita muda menjadi murid dahulu. Pelajaran apa yang paling ibu dan bapak guru sukai. Apakah ada satu pelajaran menyenangkan yang masih ibu dan bapak guru ingat dan bisa digunakan hingga sekarang atau justru ada pelajaran yang sampai saat ini kita tidak paham untuk apa kita belajar hal tersebut. Lalu Mari kita kembali pada peran kita sebagai guru. Apa saja cara yang sudah ibu dan bapak guru lakukan agar murid memahami maksud pembelajaran dan manfaatnya untuk kehidupan mereka.
Pemahaman bermakna dapat membantu kita menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan mempelajari sebuah materi ajar. Sebagai pendidik kita berharap jika murid mengetahui tujuan mereka mempelajari sebuah materi maka motivasi intrinsik mereka pun akan tumbuh. Sementara itu pertanyaan pemantik merupakan pertanyaan yang seharusnya mampu dijawab murid setelah mereka mempelajari materi ajar. Pertanyaan pemantik dapat berupa satu pertanyaan untuk satu unit materi bisa juga berbeda-beda setiap pertemuannya bergantung dengan konsep yang sedang dipelajari. Yang penting pertanyaan pemantik yang dibuat memenuhi kriteria, Pertanyaan pemantik:
Rangkaian pertanyaan mengenai hal paling penting dalam satu topik pembelajaran. pertanyaan ini diturunkan dari pemahaman bermakna dan didiskusikan bersama murid-murid sebelum memulai topik atau kelas. Pertanyaan pemantik ini digunakan membantu murid mencapai pemahaman bermakna. Pemahaman bermakna ini adalah pemahaman yang kita ingin murid-murid capai setelah mempelajari topik tertentu.
Ibu dan bapak guru, yuk kita coba membuat pertanyaan pemantik pada materi kali ini kita menggunakan Mapel IPA di fase B yang telah dibahas di modus sebelumnya yaitu Materi perubahan wujud zat.
Tahap 1
Menuliskan semua ide yang terlintas dipikiran terkait topik pelajaran, maka kita tuliskan semua ide yang berkaitan dengan perubahan wujud zat misalnya air menjadi uap bila dipanaskan. Air menjadi es bila didinginkan dan ide-ide lainnya.
Membuat es batu adalah perubahan wujud benda.
Kapur barus bisa menyublim.
Air yang dimasak terlalu lama di panci bisa habis karena menguap.
Kalau hujan kaca terlihat berembun.
Tahap 2
Dari ide-ide terkait topik yang telah dituliskan, ibu dan bapak guru dapat merumuskan pertanyaan pemantik.
Kriteria pertanyaan pemantik:
Berupa pertanyaan terbuka, dapat, dan penting diperdebatkan di kelas bersama murid-murid tanpa melakukan proses mencari tahu sebelumnya.
Merupakan inti dari topik pembelajaran.
Melahirkan pertanyaan-pertanyaan baru di benak murid dan memikat ketertarikan mereka untuk mempelajari topik pembelajaran.
Membahas hal yang konseptual atau memiliki pemahaman filosofis.
Dengan kriteria dengan kriteria tadi maka kita dapat membuat pertanyaan esensial untuk topik perubahan wujud zat seperti contoh berikut.
Perhatikan kolom sebelah kanan pertanyaan-pertanyaan tersebut bukan pertanyaan pemantik mengapa? wiggins dan match dalam bukunya the understanding by Design menyatakan bahwa setiap pertanyaan semacam ini hanya mencari jawaban resmi dan benar sesuai dengan buku teks. Pertanyaan ini tidak membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang mendalam. Pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai itu pemahaman mendalam. Setelah mendapatkan pertanyaan pemantik ibu dan bapak guru dapat melakukan tahap 3 yaitu menyusun pemahaman bermakna dengan menjawab pertanyaan berikut.
Tahap 3
Menyusun pemahaman bermakna
Setelah mempelajari topik ini, apa yang bisa dipahami oleh murid?
Setelah memahami topik ini murid diharapkan bisa melakukan apa?
Berikut adalah contoh pemahaman bermakna untuk topik perubahan wujud zat
Pernyataan nomor dua di kolom kanan bukan merupakan pemahaman bermakna karena tidak dapat menjawab kedua pertanyaan kunci di atas. Menurut wedges dan message pemahaman bermakna merupakan kalimat lengkap yang mencerminkan kesimpulan dan dapat diperoleh hanya melalui proses terpandu dimana murid dibantu untuk membuat mengenali atau memverifikasi kesimpulan bukan hanya dengan diajar atau disampaikan begitu saja. Pernyataan nomor 2 merupakan kesimpulan yang bisa diajarkan begitu saja pada murid-murid, tanpa melalui proses pencarian belajar.
Pada pelaksanaannya tahapan ini tidak harus dikerjakan secara berurutan bila merasa lebih mudah menentukan pemahaman bermakna dahulu baru masuk ke pertanyaan pemantik boleh saja dilakukan, tergantung mana yang paling memudahkan. Proses merumuskan pertanyaan pemantik dan pemahaman bermakna ini tidak selalu mudah mengingat capaian pembelajaran yang beragam dari tiap mata pelajaran. Agar lebih dapat membayangkannya kita simak yuk cerita pendek berikut ini
Cerita belajar aljabar
Ibu dan bapak guru melalui cerita di atas bahwa bisa saja ada tantangan untuk mengaitkan topik pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari murid. Solusinya Kita harus mencari cara lain dalam memberikan pemahaman bermakna. Dalam cerita diatas ia mengaitkannya dengan profesi yang menggunakan topik itu dalam pekerjaannya. Jika menemukan tantangan seperti kasus tadi ibu dan bapak juga bisa mencoba mencari tahu di internet. Berdiskusi dengan sesama rekan atau berkolaborasi dengan praktisi langsung atau juga berkolaborasi dengan orangtua murid, komunitas, institusi dan lain-lain. Dengan mengetahui manfaat atau aplikasi ilmu yang nih murid-murid akan menjadi lebih respek terhadap ilmu tersebut. Juga terbuka dengan ragam profesi yang ada di dunia profesional. Nah ibu dan bapak guru merumuskan pemahaman bermakna dan pertanyaan pemantik mungkin hal yang baru yang menantang bagi kita semua. Namun sesuai namanya hal ini diharapkan akan memantik semangat belajar murid-murid kita dan memberi makna pada pemahaman yang berusaha mereka pelajari bersama-sama dengan kita di kelas.
Comments
Post a Comment