Soal Post Test Refleksi dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK1.

 

  1. Bu Susan seorang guru SMP. Pada setiap akhir pembelajaran, Bu Susan selalu menanyakan kepada peserta didik apakah mereka sudah paham dengan pembelajaran yang dilakukan. Namun para peserta didik lebih cenderung memilih diam. Bu Susan sebenarnya ingin mengajak peserta didik untuk berefleksi. Apa yang bisa dilakukan Bu Susan agar bisa berhasil mengajak peserta didik melakukan refleksi?

  1. Menunjuk peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi berdasarkan panduan.

  2. Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara bergantian.

  3. Mengkondisikan peserta didik dalam posisi duduk yang rileks dan nyaman.  (√)

  4. Meminta semua peserta didik menempelkan hasil refleksi di kertas Plano. 


  1. Pak Ahmad adalah seorang guru sosiologi SMA. Pak Ahmad telah menyiapkan beberapa pertanyaan untuk memandu proses refleksi tersebut. Pada hari tersebut Pak Ahmad merupakan guru terakhir yang masuk di kelas sebelum menjelang jam pulang. Ketika menjelang akhir pembelajaran, Pak Ahmad pun mengajak peserta didiknya untuk melakukan refleksi bersama, namun suasana kelas pada saat tersebut cukup panas dan riuh. Apa yang dapat dilakukan Pak Ahmad untuk menciptakan kondisi kelas sehingga peserta didik tenang, dan dapat mencari posisi yang nyaman untuk melakukan refleksi?

  1. Meminta peserta didik mencatat pertanyaan-pertanyaan panduan refleksi dan menyelesaikannya di rumah.

  2. Meminta peserta didik untuk masuk sesi refleksi tanpa mengkondisikan suasana kelas yang panas dan Rio.

  3. Mengkondisikan peserta didik untuk mulai duduk tenang dan mencari posisi yang nyaman untuk melakukan refleksi. (√)

  4. Mengajak peserta didik untuk hadir lebih awal ke sekolah besok pagi untuk sesi refleksi bersama di kelas. 


  1. Perhatikan pertanyaan berikut ini :

1. Apa saja yang kamu ketahui tentang materi ini sebelumnya?

2. Bagaimana perasaan kamu tentang pembelajaran hari ini?

3. Tahapan apa yang kamu lalui untuk menghasilkan tugas/projek ini?

4. Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang kamu sukai?

5. Apa yang ingin kamu tingkatkan?

6. Jika ada satu kesempatan untuk mengubah, apa yang ingin kamu ubah dari proyek ini?

Pertanyaan di atas yang KURANG TEPAT untuk mengajak peserta didik berefleksi terkait pengalaman belajar yang sudah di alami adalah . . . .

  1. 1 dan 2

  2. 3 dan 4

  3. 5 dan 6 

  4. 1 dan 3(√)


  1. Di bawah ini yang termasuk pertanyaan Refleksi adalah . . . .

  1. Kapan kamu akan pulang?

  2. Bagian mana yang menyenangkan dari pembelajaran ini? (√)

  3. Apa saja hasil karyamu dalam pembelajaran ini?

  4. Apa yang sedang kamu kerjakan saat ini? 


  1. Perhatikan pertanyaan berikut ini :

1. Apa saja yang kamu ketahui tentang materi ini sebelumnya?

2. Bagaimana perasaan kamu tentang pembelajaran hari ini?

3. Tahapan apa yang kamu lalui untuk menghasilkan tugas/projek ini?

4. Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang kamu sukai?

5. Apa yang ingin kamu tingkatkan?

6. Jika ada satu kesempatan untuk mengubah, apa yang ingin kamu ubah dari proyek ini?

Pertanyaan di atas yang KURANG TEPAT untuk mengajak peserta didik berefleksi dengan melihat ke depan terkait pengalaman belajar yang sudah di alami adalah . . . .

  1. 1 dan 2

  2. 3 dan 4

  3. 5 dan 6 (√)

  4. 1 dan 3


  1. Berikut ini yang TIDAK dilakukan pendidik ketika meminta peserta didik untuk melakukan Refleksi adalah . . . .

  1. Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan fase pemahaman peserta didik.

  2. Menciptakan suasana yang nyaman bagi peserta didik untuk berefleksi.

  3. Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya. (√)

  4. Menyiapkan beberapa pertanyaan pemandu refleksi bagi peserta didik.


Alternatif Soal


1. Bu Indah adalah seorang guru SMA. Beliau sudah menyusun dan menyiapkan beberapa pertanyaan untuk melakukan refleksi pembelajaran, tetapi salah satu muridnya bernama Rendra belum dapat melakukan refleksi dengan mendalam karena belum terbiasa melakukan refleksi. Salah satu cara yang bisa Bu Indah lakukan untuk memfasilitasi Rendra berefleksi adalah…

  1. Mengulang pertanyaan agar dapat dimengerti oleh Rendra.

  2. Membiarkan karena hanya satu orang yang tidak melakukan refleksi.

  3. Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu. (√)

  4.  Memberikan kesempatan Rendra melakukan refleksi lain waktu.

  5.  Memanggilnya ke depan kelas untuk melakukan refleksi sendiri. 


2. Dalam membuat pertanyaan refleksi yang dapat dijadikan sebagai acuan adalah…

  1. Fase murid

  2. Usia murid

  3. Pemahaman murid (X)

  4. Pemahaman guru (X)

  5. Respon murid saat pembelajaran  (X)


3. Di bawah ini yang termasuk pertanyaan Refleksi adalah . . . .

  1. Setelah dari sini kamu akan melanjutkan perjalanan ke mana?

  2. Apa yang kamu rasakan setelah mengikuti pembelajaran ini? (√)

  3. Siapa saja teman yang terlibat dalam projek ini?

  4. Proyek Apa yang sedang kamu kerjakan saat ini? 


4. Berikut ini yang perlu menjadi perhatian pendidik ketika menyusun pertanyaan Refleksi adalah . . . .

  1. Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan fase pemahaman peserta didik.(√)

  2. Peserta didik diajak untuk berefleksi di tengah lapangan.

  3. Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya.

  4. Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan keinginan pendidik. 


5. Bu Dita seorang guru SMK. Pada akhir proses pembelajaran, beliau mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi. Dalam proses refleksi, Bu Dita meminta peserta didik untuk bisa berbagi hasil refleksi, namun ketika salah satu peserta didik sedang berbagi, ada peserta didik lain yang asik berbicara dengan teman di sebelahnya mengomentari tentang hasil refleksi temannya. Berikut ini yang perlu dilakukan oleh Bu Dita adalah . . . .

  1. Menunjukkan 2 peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi

  2. Mengajak peserta didik untuk kembali melihat kesepakatan kelas mengenai menghargai orang lain (√)

  3. Mengingatkan bahwa semua peserta didik akan diminta untuk menyampaikan hasil refleksi

  4. Meminta peserta didik untuk berhenti berbagi dan menuliskan hasil refleksi di catatan pribadi masing-masing. 


6. Bu Maria adalah seorang guru bahasa SMP. Bu Maria ingin mengajak peserta didiknya untuk melakukan refleksi pembelajaran. Bu Maria telah menyiapkan beberapa pertanyaan untuk memandu proses refleksi pembelajaran tersebut. Bagi para peserta didik, refleksi pembelajaran yang dirancang oleh Bu Maria merupakan sebuah kegiatan baru, dan mereka tidak terbiasa untuk mengungkapkan apa yang dirasakan sehingga dalam proses refleksi yang berlangsung, peserta didik cenderung diam dan tidak berbagi secara lisan. Apa yang dapat dilakukan oleh Bu Maria sehingga proses refleksi pembelajaran ini tetap dapat berlangsung dengan baik?

  1. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara tertulis bagi yang bersedia. (√)

  2. Menunjuk beberapa peserta didik untuk menyampaikan secara lisan hasil refleksinya.

  3. Menutup refleksi setelah memastikan tidak ada peserta didik yang mau menyampaikan secara lisan.

  4. Meminta semua peserta didik untuk mencatat pertanyaan panduan dan menjawab kemudian dikumpulkan besok paginya.


7. Perhatikan beberapa pertanyaan berikut:

  1. Saya paling puas saat berhasil melakukan ….

  2. Cara yang paling membantu saya dalam memahami topik ini adalah ….

  3. Saya masih perlu belajar lagi saat melakukan ….

  4. Target saya pada pembelajaran selanjutnya adalah ….

  5. Saat belajar minggu ini, saya berhasil melakukan ….

Pertanyaan yang tidak tepat ditanyakan saat refleksi bersama murid fase A adalah

  1. 1 dan 2

  2. 3 dan 5

  3. 2 dan 4 (√)

  4. 2 dan 5

  5. 1 dan 4




Comments

Popular posts from this blog

Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik - Merdeka Belajar

Membuat Lembar Amatan Bahasa Indonesia - Merdeka Belajar