Review Kumpulan Karya Poster Olimpiade Sejarah Nasional 2018

Buku ini berbentuk pdf berisikan tentang berbagai karya poster sejarah nasional tahun 2018. Di dalam buku ini pula terdapat 32 poster tentunya dengan berbagai tema sejarah.  Poster ini bagi saya sangat menarik karena ini dapat dijadikan pelajaran bagi siswa baik di jenjang SD ataupun SMP.  Dalam membuat poster banyak sekali kompetensi yang harus dimiliki diantaranya adalah kemampuan dari sejarah itu kemudian divisualisasikan ke dalam bentuk gambar.  Untuk mampu menangkap pesan dari poster itu sendiri tentunya harus mengetahui latar belakang dari tema yang akan diambil makanya perlu melakukan studi yang mendalam

Selanjutnya adalah harus memiliki kemampuan yang berkaitan erat dengan seni dimana seni ini akan menjadikan poster itu menarik, seperti bagaimana membuat poster menarik, pemilihan jenis huruf yang tepat, komposisi warna yang serasi dan lain sebagainya.  Kalau poster itu dibuat dengan handmade tentunya harus menguasai berbagai kemampuan seperti menggambar dan mewarnai. Namun sebaliknya jika di kerjakan menggunakan bantuan komputer tentunya harus memiliki kemampuan operasional dari suatu software tersebut. Banyak sekali software  pembuatan poster baik untuk pc offline, pc online, maupun android. Contoh beberapa software yang dapat dipergunakan untuk membuat poster seperti: Adobe Photoshop, CorelDraw, Ink, Canva Poster Mywall, dll.

Poster pertama berjudul semangat Bung Tomo dibuat oleh Alicia Tiara SMAN 68 Jakarta menurut saya dari 32 poster ini yang paling menarik,  karena pesan yang disampaikan itu sangat terasa.  komposisi yang menarik, dengan  warna yang menyala mampu memberikan sensasi keterbakaran emosi dari semangat Bung Tomo ini.  walaupun secara sepintas pengambilan objek dari Bung Tomo ini sudah sering kita temukan entah di buku sejarah ataupun yang lainnya.  Beberapa poster kami amati itu menjadi sebuah poster yang  jujur sebagai sebuah poster yang menggambarkan realita anak seusianya seperti halnya pada poster Cut Mutiah,  dimana teknik penggarapan mengkombinasikan gaya personal antara satu elemen atau komponen yang belum begitu smooth, Ide yang unik justru ada pada poster “John Lie Sang Penyelundup” dibuat dengan sangat sederhana, namun begitu dibuat dengan dominan warna putih saya tidak merasakan greget yang kuat.



Di halaman terakhir, terlihat ada 3 buah karya dari kiri ke kanan yang merupakan poster terbaik. Dimana  karya terbaik pertama adalah “Berjasa Namun Terlupakan , yang kedua “Semangat Bangsa” kemudian yang terakhir “Berontak Tanpa Menghabiskan Setitik Darah”.  Bagi saya pribadi poster yang pertama ini seperti halnya film horor yang sangat menakutkan. Kemudian yang kedua itu adalah semangat bangsa atau anak muda yang menyuarakan aspirasinya, dan yang ketiga ini selembar kertas,pensil dan pita yang mengelilinya. Tokoh nasional di kiri atas Douwes Dekker, kanan atas KI Hajar Dewantara dan kanan bawah Dr. Cipto Mongunkusumo, dengan background dominan putih. Poster ini dapat dijadikan sebagai media belajar atau sumber inspirasi untuk pembelajaran pembuatan poster baik secara pembuatan manual ataupun dengan bantuan computer.

Tautan : http://rumahbelajar.id/product.php?id=NWQ1Y2Y1ZDg1NWJmMWZiZTRjOTJmODkx

KontributorDirektorat Sejarah 
Bentuk: Pdf
Kategori Art and Humanities


Note: Blog ini dilengkapi dengan Text to Speech

          Caranya: blok area yang ingin didengarkan suaranya

Comments

Popular posts from this blog

Soal Post Test Merancang Pembelajaran SMP/Paket B1.

Soal Post Test Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik - Merdeka Belajar