Soal Post Test Merancang Pembelajaran SMP/Paket B1.

 

  1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:

1. Membuktikan pemahaman yang dicapai setelah mempelajari topik tertentu

2. Meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik

3. Menjadi umpan balik proses pembelajaran

4. Membantu dalam menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan pembelajaran

Pernyataan di atas yang terkait manfaat dari pertanyaan pemantik ditunjukkan oleh nomor . . . .

  1. 1 dan 3 (√)

  2. 1 dan 4

  3. 1 dan 2

  4. 3 dan 4


2. Pak Anto adalah seorang guru IPA kelas 6. Pak Anto sedang menyampaikan pembelajaran mengenai perubahan wujud benda. Pertanyaan pemantik yang dapat digunakan oleh Pak Anto dalam proses pembelajaran tersebut adalah . . . .

  1. Bagaimana cara mengubah Air menjadi es?

  2. Apakah suhu mempengaruhi perubahan wujud benda? (√)

  3. Bagaimana hubungan antara suhu dengan perubahan wujud benda?

  4. Apakah udara bisa mengalami perubahan wujud? 


3. Indikator pencapaian kompetensi ditentukan berdasarkan

  1. Asesmen formatif yang akan dilakukan

  2. Asesmen sumatif yang akan dilakukan (√)

  3. Tujuan pembelajaran yang akan dilakukan

  4. Sarana dan prasarana belajar murid 


4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :

1. Mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik

2. Memperoleh data berupa nilai dari pencapaian hasil belajar

3. Mendapatkan gambaran kemampuan awal yang dimiliki peserta didik

4. Mengetahui kebutuhan belajar peserta didik

Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen sumatif ditunjukkan oleh nomor . . . .

  1. I dan 2 (√)

  2. 2 dan 3

  3. 1 dan 3

  4. 2 dan 4


5. Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus akan menggunakan rubrik yang menilai 3 aspek yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Untuk menilai ketercapaian Tujuan Pembelajaran, maka yang perlu dilakukan Pak Markus adalah . . . .

  1. Menentukan tujuan pembelajaran

  2. Menentukan jenis asesmen

  3. Menentukan capaian pembelajaran

  4. Menentukan kriteria ketercapaian  (√)


6. Ibu Yuki sedang melaksanakan PJJ. Ia hendak menggunakan modul ajar yang tersedia untuk pembelajaran selanjutnya. Setelah mempelajari modul ajar ia mendapat hal-hal berikut:

  • Isi modul ajar untuk pembelajaran luring

  • Modul ajar menyediakan lembar aktivitas yang bisa mengasah kemampuan berpikir proses

  • Modul ajar menyediakan rancangan asesmen yang bisa mendorong kompetensi muridnya secara menyeluruh

Jika akan menggunakan modul ajar tersebut, modifikasi yang perlu Ibu Yuki lakukan adalah ....

  1. Mengganti rancangan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan muridnya

  2. Mengganti lembar aktivitas dengan lembar aktivitas dari pembelajaran tahun sebelumnya

  3. Menyiapkan sarana seperti teknologi pendukung yang bisa mengakomodir aktivitas belajar  (√)

  4. Mengganti bentuk asesmen menjadi kuis dengan bentuk aplikasi karena lebih mudah dilakukan secara daring. 


7. Bu Ani sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar. Salah satu kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Bu Ani mengajak peserta didik untuk membuat sawi asin. Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan oleh Bu Ani dengan memperhatikan . . . .

  1. Pembelajaran kontekstual (√)

  2. Pemahaman pembelajaran

  3. Pembelajaran berkesinambungan

  4. Konten isi pembelajaran 


8. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :

1. Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam

2. Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks.

3. Lebih disukai peserta didik karena dapat disajikan secara menarik.

4. Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik.

Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar konkrit ditunjukkan pada nomor . . . .

  1. 1 dan 2

  2. 3 dan 4

  3. 1 dan 4 (√)

  4. 2 dan 3













Comments

Popular posts from this blog

Soal Post Test Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik - Merdeka Belajar