Soal Post Test Numerasi: Meningkatkan Kompetensi Murid Terbaru

 

Numerasi: 
Meningkatkan Kompetensi Murid

MODUL 1: Memahami Numerasi

Soal Post Test

1. Peserta didik yang dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan pelajaran Matematika yang dipunyai pada konteks beragam. Hal tersebut peserta didik pada jenjang kemampuan ……

A. Intervensi khusus

B. Cakap()

C. Mahir

D. Dasar


2. Peserta didik tahap mahir dalam penguasaan kompetensi numerasi yaitu mampu bernalar untuk menyelesaikan masalah kompleks non rutin berdasarkan konsep matematika yang dimilikinya.

A. Benar()

B. Salah


MODUL 2: Penerapan Numerasi di Kehidupan Sehari-hari

Soal Post Test

  1. Numerasi menjadi penting dalam kehidupan sehari-hari, karena…

A. Setiap aktivitas sehari-hari menggunakan proses penambahan dan pengurangan

B. Setiap aktivitas sehari-hari membutuhkan konten matematika.

C. Numerasi dapat membentuk kemampuan penalaran yang dapat diterapkan dalam aktivitas sehari-hari. ()

D. Hanya numerasi yang dapat membuat orang cerdas dan terampil.


  1. Numerasi membantu seseorang dalam penguasaan keterampilan dasar yang diperlukan dalam hidup adalah pengertian dari pentingnya numerasi pada kebutuhan…

A. Pekerjaan

B. Personal()

C. Ilmiah

D. Bermasyarakat 


3. Salah satu peran numerasi untuk memenuhi kebutuhan bermasyarakat adalah…

A. Memudahkan anggota masyarakat menghitung perjalanan untuk berangkat ke kantor.

B. Menghindari hoax /berita bohong yang beredar di masyarakat.()

C. Membantu anak sekolah meraih prestasi lebih baik

D. Semua salah. 


4. Bentuk sajian data ilmiah yang biasa ditemui di masyarakat adalah sebagai berikut, kecuali…

A. Teks fiksi (

B. Cerita rakyat)

C. Artikel ilmiah

D. Semua salah


Alternatif Soal

  1. Bagaimana gambaran pentingnya kemampuan numerasi di dunia kerja saat ini?

  1. Kemampuan numerasi diakui sebagai kemampuan kelayakan kerja yang penting ()

  2. Kemampuan numerasi hanya dilihat dari pencapaian kuantitatif di ijazah

  3. Kemampuan numerasi tidak lagi dianggap penting karena semua sudah ada teknologi

  4. Kemampuan numerasi tidak lagi banyak digunakan dalam pekerjaan


2. Apa yang menjadi ciri utama masyarakat yang sadar numerasi pada masa kini?

A. Tingkatan budaya yang beragam

B. Tersedianya informasi berbasis data.()

C. Semua hal digambarkan dalam bentuk angka.

D. Semua salah


MODUL 3: Numerasi dalam Pembelajaran

Soal Post Test

  1. Jika Ibu dan Bapak adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, maka penguatan numerasi bukan menjadi hal wajib untuk dilakukan.

Pernyataan di atas adalah…

A. Benar()

B. Salah


  1. Tindak lanjut apa yang tepat untuk memaknai hasil rapor satuan pendidikan?

A. Guru berkolaborasi dan berdiskusi akan kegiatan numerasi inspiratif apa yang dapat dilakukan di mata pelajarannya.()

B. Guru mata pelajaran matematika saja yang berperan untuk meningkatkan kemampuan numerasi

C. Semua Benar

D. Semua Salah


  1. Bu Sani adalah guru bahasa inggris di jenjang SD. Ia mendapatkan nilai rapor pendidikan satuan pendidikannya untuk kompetensi numerasi ada di atas kompetensi minimum dengan kemampuan murid Mahir. Apa yang harus Bu Sani lakukan?

A. Tidak usah meningkatkan kompetensi numerasi karena sudah ada di tingkat Mahir.

B. Bahasa Inggris bukanlah pelajaran yang cocok untuk meningkatkan kompetensi numerasi.

C. Menguatkan kemampuan numerasi dengan memberi soal cerita yang berbahasa Inggris yang berhubungan dengan konsep penambahan dan pengurangan sederhana.()

D. Semua salah.


  1. Pak Irawan melakukan proses refleksi di dalam pembelajarannya di kelas. Proses refleksi yang dilakukan Pak Irawan membantu Pak Irawan untuk …..

A. Memahami kesulitan yang dialami murid, membantu Pak Irawan untuk bisa memberikan aktivitas belajar yang bermakna.()

B. Menyepelekan permasalahannya

C. Lebih mengerti konsep dari matematika yang menjadi masalah

D. Mempunyai rekan sejawat yang bisa berbagi


  1. Salah satu aktivitas pembelajaran yang dapat menguatkan kompetensi numerasi adalah ….

A. Proyek.()

B. Ceramah

C. Mendengarkan guru tanpa bertanya

D. Menulis indah


  1. Aktivitas berikut ini yang bisa menguatkan numerasi pada domain geometri dan pengukuran ialah?

A. Menentukan rata-rata nilai ulangan murid

B. Mengumpulkan data berat badan murid di setiap kelas

C. Menentukan peluang munculnya mata dadu tertentu dari pelemparan dua buah dadu

D. Mengukur luas dan volume bak mandi.()

MODUL 4: Kompetensi Numerasi dalam Rapor Pendidikan

Soal Post Test

1. Penjabaran dari kompetensi 'Menerapkan' pada rapor pendidikan, adalah…

A. Kemampuan menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang fakta fakta, relasi, proses, konsep, prosedur, dan metode pada konten bilangan dengan konteks situasi nyata untuk menyelesaikan masalah atau menjawab pertanyaan.()

B. Kemampuan memahami fakta, proses, konsep, dan prosedur.

C. Kemampuan menganalisis data dan informasi, membuat kesimpulan, dan memperluas pemahaman dalam situasi baru, meliputi situasi yang tidak diketahui sebelumnya atau konteks yang lebih kompleks.

D. Kemampuan menulis dan mendeskripsikan fakta-fakta yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.


2. Pak Agus mengajak peserta didiknya mengukur panjang buku tulis, tapi tidak menggunakan penggaris. Terdapat penghapus, sepatu dan bola di atas meja. Berikut penjelasannya:

1. Penghapus lebih pendek dari buku, dan ukuran penghapus sudah diketahui

2. Sepatu terlihat lebih panjang dari buku, belum diketahui berapa panjang sepatunya.

3. Bola belum diketahui berapa ukuran diameternya

Adi memilih penghapus untuk mengukur panjang buku tulis tersebut. Apakah alasan Adi memilih menggunakan penghapus untuk mengukur panjang buku tulis? Jawaban di bawah ini adalah benar, kecuali.....

A. Karena tidak diperbolehkan menggunakan penggaris

B. Karena sulit untuk mengukur dengan menggunakan bola.

C. Karena panjang penghapus memiliki satuan terkecil diantara benda lainnya, dan dapat mengukur panjang buku.

D. Karena Adi mencari benda yang mudah didapat di meja saja, makanya ia mengambil penghapus.()


3. Contoh poin menalar yaitu memperluas pemahaman ke dalam situasi baru, yaitu sebagai berikut..

A. Adi dapat memperkirakan panjang buku tulis sekitar 24 cm

B. Murid dapat menghitung dengan tepat panjang penghapus menggunakan penggaris

C. Murid kesulitan mengukur buku tulis

D. Adi menggunakan penghapus sebagai penggaris dalam mengukur buku tulis.()


4. Pada fase ini peserta didik akan mengoptimalkan inderanya untuk menerima informasi dengan media yang mereka gunakan. Hal tersebut terjadi pada fase …

A. Gambar

B. Konkret()

C. Abstrak

D. Kognitif


5. Hal yang bukan menjadi keuntungan menerapkan metode konkret ke abstrak dalam numerasi, yaitu …

A. Memberikan pengalaman belajar

B. Mengembangkan cara memecahkan masalah

C. Lebih percaya diri dengan cara berpikirnya

D. Tidak efisien()


6. Mengapa kompetensi 'Mengetahui' dalam numerasi penting untuk peserta didik?

A. Agar peserta didik dapat menjawab soal Matematika dengan cepat

B. Agar peserta didik dapat menjelaskan materi Matematika tanpa teks

C. Agar peserta didik dapat memahami materi atau menjelaskan suatu konsep numerasi yang ditemukan (bukan hanya pada mata pelajaran matematika)()

D. Agar peserta didik dapat menghitung dalam jumlah yang besar.


Alternatif Soal

  1. Salah satu bentuk penguatan kompetensi 'Menerapkan' dalam numerasi adalah …

  1. Guru memberikan tugas Matematika

  2. Guru memberikan tugas Sains

  3. Guru mengajak murid untuk berkampanye tentang pentingnya numerasi

  4. Guru mengajak murid berdiskusi tentang penyajian data dalam bentuk diagram dan grafik dengan meneliti ragam dan grafik dari koran()


  1. Kemampuan menalar pada kompetensi numerasi dalam rapor pendidikan adalah :

  1. Kemampuan peserta didik memahami fakta, proses, konsep, dan prosedur 

  2. Kemampuan peserta didik menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang fakta-fakta, relasi, proses, konsep, prosedur, dan metode pada konten bilangan dengan konteks situasi nyata untuk menyelesaikan masalah atau menjawab pertanyaan 

  3. Kemampuan peserta didik menganalisis data dan informasi, membuat kesimpulan, dan memperluas pemahaman dalam situasi baru, meliputi situasi yang tidak diketahui sebelumnya atau konteks yang lebih kompleks ()

  4. Semua benar


3.  Ketika anak sudah mampu untuk memvisualkan benda konkret dalam pikirannya berarti anak sudah siap untuk ke fase?

  1. Gambar

  2. Konkret

  3. Abstrak ()

  4. Kognitif


Comments

Popular posts from this blog

Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik - Merdeka Belajar

Asesmen As, For, dan Of Learning - Merdeka Belajar

Soal Post Test Refleksi dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK1.