Soal Post Test Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) SMP [Kemitraan dengan UNICEF]

 Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) SMP

Modul 1 Mengenal Diri Sendiri

1.1 Identitas Saya

1. Masa remaja (antara usia 10-19 tahun) adalah salah satu masa paling penting dalam perjalanan hidup manusia. Bukan hanya masa dimana tubuh kita berubah dengan cepat sebagai persiapan memasuki masa dewasa, tetapi juga masa dimana kita mulai membentuk identitas unik kita sendiri. Masa pembentukan identitas ini dimulai selama masa remaja dan berlanjut hingga dewasa ketika kita mengalami tonggak sejarah baru dan belajar lebih banyak tentang diri kita sendiri. Keterampilan memahami identitas yang unik dan beragam ini merupakan keterampilan hidup... (pilih yang paling tepat)

A. Berempati

B. Menghargai Perbedaan (√)

C. Kreativitas

D. Berpartisipasi


Cerita Reflektif

Bagaimana saya dapat membantu peserta didik untuk mengenal dan menghargai identitas diri yang unik dan beragam?


Jawab:

Pendidik bisa membantu peserta didik untuk mengenal dan menghargai identitas diri yang unik dan beragam dengan memberi contoh tokoh dengan perbedaan dan keunikan yang beragam, menuntun murid untuk belajar menggali keunggulan masing-masing tokoh itu.


1.2 Mengekspresikan Perasaan

1. Setiap emosi bisa diekspresikan dengan cara yang berbeda. Misalnya, saat kita dibully teman sekolah. Cara mengekspresikan emosi yang baik misalnya dengan ...

A. Memilih untuk menjadi pribadi yang argumentatif

B. Memilih diam dan tidak berbicara kepada siapapun

C. Memilih untuk aktif berkarya atau berolahraga (√)

D. Mengurung diri dalam kamar


Cerita Reflektif

Soal Bagaimana saya bisa membantu peserta didik mengenali perasaan dan mengekspresikan mereka untuk menanggapi beragam situasi dengan cara yang lebih positif?


Jawab:

Pendidik akan mengajarkan dan memberikan nasehat bahwa semua perilaku buruk tidak lantas boleh dibalas dengan perilaku yang buruk juga. Kita bisa melakukan banyak hal yang positif untuk melawan hal yang buruk.


1.3 Menjalani Pubertas

1. Berikut ini ialah perubahan umum fisik masa pubertas yang dapat berlaku bagi anak perempuan maupun anak laki-laki, kecuali:

A. Kulit dan rambut berminyak dan timbul jerawat bagi sebagian orang

B. Keringat meningkat dan bau badan berubah

C. Periode menstruasi dimulai (√)

D. Rambut mulai tumbuh di ketiak dan alat kelamin


Cerita Reflektif

Bagaimana saya dapat membantu peserta didik menjalani perubahan masa pubertas dengan nyaman, baik remaja laki-laki maupun remaja perempuan?


Jawab:

Pendidik dapat memberikan layanan pendidikan masa pubertas melalui guru yang sesuai dengan gender, hal ini untuk mengkondisikan agar siswa merasa lebih nyaman


1.4 Citra Tubuh Positif

1. Pernyataan di bawah ini menggambarkan citra tubuh positif (atau percaya diri terhadap tubuh), kecuali:

A. Menerima dan menghargai tubuh kita, termasuk penampilan tubuh dan fungsinya

B. Menolak adanya standar penampilan dan tuntutan untuk memiliki penampilan fisik tertentu

C. Mengapresiasi tubuh orang lain, dengan cara menerima keragaman dan keunikan tubuh setiap orang

D. Tidak perlu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. (√)


Cerita Reflektif

Bagaimana saya dapat membantu peserta didik merasa nyaman dan percaya diri dengan tubuhnya yang unik, dan lebih menghargai keberagaman?

Jawab:

Dengan memberikan pemahaman bahwa setiap manusia telah Allah ciptakan dengan sempurna, setiap tubuh diciptakan unik dengan kelebihannya masing-masing


Soal Post Test

  1. Berikut ini adalah alasan mengapa kita tidak harus mengikuti standar penampilan tertentu, KECUALI

  1. Standar penampilan menentukan apakah seseorang dapat hidup secara berkualitas (√)

  2. Standar penampilan bersifat subjektif (berdasarkan sebagian pendapat orang saja)

  3. Standar penampilan berbeda sesuai budaya atau negara

  4. Standar penampilan tidak pernah sama dari dulu dan sekarang


2. Pernyataan di bawah ini menggambarkan citra tubuh negatif, KECUALI:

  1. Berupaya menyesuaikan tubuh kita dengan penampilan tertentu sehingga mengorbankan uang, waktu, dan kualitas hubungan dengan keluarga

  2. Mencela atau mengejek orang lain yang memiliki bentuk atau ukuran yang tidak sesuai standar penampilan tertentu

  3. Mengapresiasi tubuh orang lain dengan cara menerima keberagaman dan keunikan tubuh setiap orang (√)

  4. Tidak menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh


Modul 2 Membangun Kebiasaan Sehat

2.1 Kebersihan Diri

  1. Berikut ini adalah kebiasaan dan perilaku kebersihan diri yang baik, kecuali ...

  1. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih sesering mungkin khususnya setelah menggunakan jamban atau toilet, sebelum dan sesudah makan, sebelum menyentuh area wajah kita dan setelah berkegiatan di luar

  2. Menggunakan air yang aman dan bersih untuk diminum setiap harinya

C. Mandi tiga kali sehari (√)

D. Menggosok gigi di pagi hari, setelah makan dan sebelum tidur


Cerita Reflektif

Bagaimana saya dapat membantu peserta didik menerapkan kebersihan diri, termasuk menerapkan kebersihan menstruasi bagi remaja perempuan?


Jawab: Sesering mungkin mengganti pembalut setiap 4 jam sekali, mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut


2.2 Olahraga dan Gizi

  1. Makanan-makanan lebih baik dimasak dengan kadar lemak, gula, atau garam yang sedikit. Contoh-contoh dari cara yang lebih baik diantaranya ....

A. Memasak menggunakan santan yang tidak dipanaskan berulang-ulang (√)

B. Minuman-minuman ringan dan suplemen

C. Menggoreng dengan menggunakan minyak (ikan, keripik, tempe dan lain-lain)

D. Makanan dalam kemasan (meskipun jika awalnya berupa sayur-sayuran) seperti keripik kentang.


Cerita Reflektif

Bagaimana saya dapat membantu peserta didik menerapkan pola makan yang seimbang dan mengolah makanan secara lebih sehat?


Jawab: Memberikan sosialisasi kepada peserta didik tentang pola makan yang seimbang dan sehat


2.3 Merokok, alkohol, dan obat-obatan

  1. Salah satu cara menghindari ajakan teman untuk melakukan/mencoba rokok dan narkoba adalah dengan banyak melakukan aktivitas. Hal-hal lain apa saja yang dapat mereka lakukan untuk mengurangi peluang ajakan teman untuk mulai mengkonsumsi rokok dan narkoba, diantaranya adalah, kecuali ....

A. Berolahraga

B. Menghabiskan waktu di alam terbuka (jalan kaki dengan jarak yang jauh)

C. Pergi menonton film di bioskop

D. Mendatangi tempat hiburan malam (√)


Cerita Reflektif

Bagaimana saya dapat membantu peserta didik memahami dampak dari merokok, alkohol, dan obat-obatan dan menghadapi tekanan sebaya untuk mengkonsumsi hal-hal tersebut?


Jawab: Memberikan sosialisasi bahaya rokok dan obat-obatan terlarang.




2.4 Internet dan Media Sosial

1. Berikut ini adalah kiat-kiat berinternet aman, KECUALI:

A. Pikirlah baik-baik sebelum memutuskan untuk bertemu langsung dengan seseorang yang kamu temui secara online, dan jangan pernah pergi menemui mereka sendirian

B. Blok siapapun yang mengirimkanmu pesan-pesan yang tidak berkenan atau tidak sopan, dan laporkan pesan-pesan tersebut kepada perusahaan yang menciptakan aplikasi tersebut (contohnya Facebook atau WhatsApp)

C. Jangan pernah membagikan foto-foto di media sosial, jika kamu tidak ingin orang lain melihatnya

D. Bagikan kata sandi sosial mediamu secara berkala kepada teman dekatmu (√)


Cerita Reflektif

Bagaimana saya dapat membantu peserta didik menggunakan internet dan media sosial secara aman?


Jawab: Memberikan sosialisasi pengaruh media sosial yang buruk, dan cara pemanfaatan internet yang baik


Soal Post Test

  1. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan menjaga kebersihan dan kesehatan yang baik dalam upaya mencegah penyebaran virus, KECUALI:

  1. Rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik dan sesering mungkin, khususnya sebelum menyentuh mulut, hidung dan mata. 

  2. Berkerumun di tempat tertutup tanpa sirkulasi udara yang baik  (√)

  3. Memakai masker dan menutup hidung serta mulut saat bersin dan batuk. 

  4. Menjaga jarak fisik di tempat yang ramai, dengan sirkulasi udara yang baik


Modul 3 Mengembangkan Hubungan yang Saling Menghormati

3.1 Berteman

1. Di bawah ini yang merupakan perundungan (bullying) yang bersifat verbal (lisan) adalah:

A. Perundungan dengan mengejek dan mengata-ngatai seseorang, termasuk mengata-ngatai dengan sebutan yang bersifat seksual, serta berpendapat secara kasar (√)

B. Menyakiti seseorang secara fisik, merusak atau mencuri barang sikap atau gerakan tubuh yang vulgar (tidak sopan) dan sentuhan yang tidak diinginkan (√)

C. Melakukan kerusakan pada hubungan sosial melalui eksklusi atau isolasi, berbohong atau menyebarkan gosip/berita palsu

D. Mengancam adalah membuat seseorang merasa takut, terintimidasi, atau membuat mereka melakukan hal-hal yang diminta oleh orang


Cerita Reflektif

Bagaimana saya dapat membantu peserta didik membangun pertemanan sehat dan mencegah perundungan/ bullying?


Jawab: Memberikan nasehat dan pengertian, bahwa manusia diciptakan dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kita harus selalu melihat sisi baik dari seseorang atau teman.


3.2 Cinta

1. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diwaspadai dalam hubungan romantis, KECUALI:

A. Menyela/memotong pembicaraan pasangan dan tidak mau mendengar pendapatnya

B. Membantu pasangan membagi waktu yang tepat antara belajar, waktu bersama keluarga, dan waktu dengan teman lainnya (√)

C. Melarang/mencegah pasangan melakukan hal yang disukainya

D. Saling cemburu satu sama lain


Cerita Reflektif

Bagaimana saya dapat membantu peserta didik mendiskusikan makna 'cinta' bagi mereka, menyadari batasan-batasan dalam menjalin hubungan dan menghindari kekerasan dan pelecehan?


Jawab: Memberikan sosialisasi batasan-batasan hubungan cinta dengan lawan jenis.


3.3 Kesehatan Reproduksi

1. Berikut ini adalah organ reproduksi perempuan, KECUALI:

A. Vulva

B. Vesikula Seminalis (√)

C. Tuba Falopi

D. Labia Mayora


Cerita Reflektif

Bagaimana saya dapat membantu peserta didik menjaga kesehatan reproduksinya?


Jawab: Seluruh guru dapat bekerjasama dengan guru IPA untuk pendidikan reproduksi siswa


3.4 Kesehatan Seksual

1. Pernyataan berikut adalah mitos, kecuali ....

A. HIV hanya menular pada orang gay (homoseksual)

B. Bayi dapat terinfeksi HIV dari ibu yang positif HIV (√)

C. HIV dapat menular melalui gigitan nyamuk

D. Seseorang yang positif terinfeksi HIV, dapat dengan mudah/jelas dilihat gejala-gejalanya


Cerita Reflektif

Bagaimana saya dapat membantu peserta didik mencegah penularan penyakit menular seksual?


Jawab: Memberikan sosialisasi tentang pentingnya mencuci kebersihan tubuh, dan menghindari kegiatan-kegiatan yang menyebabkan penyakit seksual


Soal Post Test

1. Di bawah ini adalah ciri-ciri perilaku dan komunikasi asertif, KECUALI

A. Mengatakan apa yang menurut kita ingin didengar oleh orang lain, bukan apa yang sesungguhnya kita pikirkan (√)

B. Menyampaikan pendapat dan gagasan tanpa memaksakannya kepada orang lain

C. Mempertimbangkan kebutuhan-kebutuhan orang lain sembari memastikan bahwa kebutuhan-kebutuhan kita sendiri juga terpenuhi

D. Bertanggung jawab atas perbuatan-perbuatan dan mengakui kesalahan


Modul 4 Menciptakan Dunia yang Lebih Baik

4.1 Hak Azasi Manusia

1. Hak-hak sosial, ekonomi, dan politik bagi siswa setingkat SMP seperti di bawah ini, kecuali ....

A. Hak atas privasi

B. Hak atas pendidikan

C. Hak atas kesehatan

D. Hak atas pernikahan (√)


Cerita Reflektif

 Bagaimana saya dapat membantu peserta didik memahami hak-hak dasar manusia dan membangun kesadaran untuk menegakkan hak azasi manusia di lingkungan mereka?

Jawab: Memberikan contoh hak azasi manusia dan cara memahami hak dan kewajiban dirinya.


4.2 Kesetaraan Gender

  1. Berikut ini adalah dampak ketidaksetaraan/ ketimpangan gender, KECUALI:

A. Membatasi pilihan dan kesempatan hidup (sebagai contoh, seorang perempuan terpaksa menjadi guru ketika sebenarnya ia ingin menjadi seorang pengacara, atau tidak berolahraga meskipun ia sungguh-sungguh ingin melakukannya)

B. Orang-orang dirundung (dibully) atau disakiti karena tidak mengikuti peran dan norma gender yang tepat (sebagai contoh, ketika seorang remaja perempuan dirundung/ dibully karena ingin berolahraga atau bercita-cita menjadi seorang insinyur)

C. Mengakibatkan orang didiskriminasi (sebagai contoh, mata pelajaran tertentu hanya tersedia untuk laki-laki saja atau perempuan saja)

D. Menjamin perlindungan kepada perempuan (√)


Cerita Reflektif

Bagaimana saya dapat membantu peserta didik memahami tentang pentingnya kesetaraan gender dan bersikap kritis dalam menyikapi norma gender?

Jawab: Belajar bersama untuk menghormati setiap gender yang ada, dan tidak mendiskriminasi gender tertentu


4.3 Perdamaian dan Konflik

  1. Prinsip-prinsip konflik bagi kehidupan manusia adalah …

A. Manusia yang baik adalah manusia yang tidak pernah ada konflik

B. Manusia yang baik dan berprestasi adalah manusia yang memiliki banyak konflik, tetapi tidak diselesaikan

C. Konflik adalah sesuatu hal yang normal yang harus dijalani, dan diselesaikan dengan cara-cara yang baik (√)

D. Manusia yang jahat adalah manusia yang memiliki banyak konflik


Cerita Reflektif

Bagaimana saya dapat membantu peserta didik membudayakan penyelesaian konflik secara damai?


Jawab: Belajar penyelesaian masalah dengan musyawarah setiap kali diskusi dan terlibat konflik


4.4 Kepedulian terhadap Lingkungan

  1. Satu cara yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan ialah mengurangi jumlah limbah yang kita produksi memakai ‘empat R’. Di bawah ini yang bukan merupakan konsep 4R ialah ....

A. Reduce

B. Renovasi (√)

C. Reuse

D. Recycle


Cerita Reflektif

Bagaimana saya bisa membantu peserta didik mengembangkan gaya hidup yang berkelanjutan dan ramah lingkungan?

Jawab: Guru dapat mengarahkan murid untuk menerapkan konsep Reduce, Reuse, Recycle di sekolah


Soal Post Test

  1. Berikut ini adalah pernyataan yang KELIRU tentang konflik, KECUALI:

A. Manusia yang baik adalah manusia yang tidak pernah ada konflik

B. Manusia yang baik dan berprestasi adalah manusia yang memiliki sedikit konflik, tetapi tidak diselesaikan

C. Konflik adalah sesuatu hal yang normal yang harus dijalani dan diselesaikan dengan cara-cara yang baik (√)

D. Manusia yang jahat adalah manusia yang memiliki banyak konflik


Comments

Popular posts from this blog

Soal Post Test Merancang Pembelajaran SMP/Paket B1.

Soal Post Test Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik - Merdeka Belajar