Soal Post Test Komunitas Praktisi Terbaru
MODUL 1: Pengaruh Komunitas Praktisi pada Kompetensi Guru dan Pembelajaran di Kelas
Soal Post Test
Salah satu cara pendidik untuk meningkatkan kemampuan dan pemerataan literasi di sekolahnya adalah berbagi praktik baik mengenai…
a. Operasi numerik dengan alat bantu untuk anak 7-9 tahun
b. Membaca metode membaca fonik untuk anak usia 4-7 tahun (√)
c. Pengenalan lingkungan dan warga sekolah
d. Integrasi perayaan kebhinekaan dengan PJOK
2. Setelah mengikuti temu pendidik, Ibu Nusan memodifikasi kegiatan belajarnya sehingga bisa mencapai tujuan pembelajaran dan selesai tepat waktu. Pengembangan kompetensi apa yang diperoleh Ibu Nusan dari sesi belajar temu pendidik bersama komunitas?
a. Perancangan dan pembelajaran efektif
b. Praktik komunikasi interpersonal
c. Refleksi kompetensi dan karakter diri (√)
d. Banyak mengenal aplikasi pembelajaran
3. Komunitas praktisi mengembangkan kompetensi guru dengan cara …
a. Meminta anggotanya lebih adaptif terhadap lingkungan sosial
b. Mengawasi anggotanya agar lebih reflektif
c. Menjadi ruang berbagi praktik baik pembelajaran antar teman belajar(√)
d. Menjadi ruang diskusi kinerja murid
4. Modifikasi perlu dilakukan setelah meniru praktik baik untuk …
a. Menyesuaikan kebutuhan belajar murid dan guru
b. Memupuk kebiasaan baik berinovasi dan bukan menyontek
c. Menghormati sumber dan konteks asli praktik baik
d. Semua jawaban benar(√)
MODUL 2: Merintis Pembentukan Komunitas Praktisi
Langkah pertama untuk mulai menjaring pengikut pertama adalah ...
a. Mengajak bercakap-bercakap tentang keseharian kegiatan pembelajaran(√)
b. Menyebar tautan lembar pendaftaran komunitas
c. Menawarkan produk rekam jejak praktik baik
d. Menyebarkan survei terkait minat pengembangan kompetensi
Saat memulai komunitas, sangat lumrah bagi penggerak komunitas untuk …
a. Memiliki rekan yang mahir pada bidangnya
b. Memiliki program kerja yang ideal, siap berjalan berdampak, dengan anggaran tersedia penuh(√)
c. Merasa sendiri, terombang-ambing, penuh kebingungan, dan rasa putus asa
d. Menyelesaikan tuntas semua alur dan program kerja lebih awal dari jadwal
Memilih untuk memulai komunitas diwujudkan dengan…
a. Konsisten melakukan langkah-langkah kecil berdampak dan reflektif menjadikan tiap langkah semakin baik(√)
b. Memiliki sebuah program kerja super yang menyelesaikan semua isu di lapangan
c. Menjadi ruang-bersama para pakar dan ahli lintas bidang ilmu pengetahuan
d. Memastikan bahwa anggota bisa menggantungkan hidupnya pada komunitas
Salah satu ciri guru yang akan berperan penting dalam menggerakkan komunitas adalah ...
a. Menyalahkan eksternal, termasuk murid ketika ada kesalahan atau kegagalan
b. Mengambil inisiatif berjejaring dengan rekan seprofesi(√)
c. Terampil mengelola kelas yang teratur dan tenteram
d. Selalu berusaha mematuhi arahan pimpinan, meskipun arahan pemimpin tidak berpihak pada murid
MODUL 3: Appreciative Inquiry dalam Percakapan Menggerakkan
Dalam percakapan menggerakkan berbasis inkuiri apresiatif, pemimpin perlu memberi …
a. Paparan kegagalan setiap anggota tim
b. Pertanyaan pemantik untuk anggota tim(√)
c. Sasaran mutlak yang perlu dicapai setiap anggota tim
d. Nasehat-nasehat dan praktis bagi anggota tim
Dalam rangka membangun iklim kelas atau komunitas merdeka dan terbuka, maka percakapan menggerakkan perlu dilaksanakan ...
a. Setiap awal periode
b. Menjelang ujian semester
c. Konsisten secara berkala(√)
d. Menjelang akhir tahun
Percakapan menggerakkan diawali dengan ...
a. Menggali pengalaman bermakna teman/rekan terkait dengan materi belajar(√)
b. Menggali sasaran akhir yang hendak dicapai teman/rekan dari kegiatan belajar
c. Menentukan langkah-langkah sederhana mencapai tujuan belajar
d. Menentukan lokasi belajar bersama yang kondusif bagi komunitas
P dalam ATAP sebagai Pelajaran memiliki makna …
a. Refleksi pengalaman dan perasaan diri terhadap aksi mengubah kondisi awal
b. Refleksi pengalaman dan perasaan diri terhadap tantangan di dalam dan luar komunitas
c. Refleksi pengalaman dan perasaan diri terhadap aksi yang sudah dilakukan dan hasilnya(√)
d. Refleksi pengalaman dan perasaan diri terhadap perubahan yang belum berhasil dilakukan
MODUL 4: Menguatkan Langkah-Langkah Awal Komunitas dengan Prinsip 5M
Dua hal penting yang perlu berlanjut saat kita membangun keberlanjutan adalah…
Ketersediaan dan konsistensi pelaksanaan praktik baik
Kompetisi dan konsistensi dalam membuat konten sosial media
Ambisi dan persaingan antara anggota komunitas praktisi
Komunikasi dan praktik baik di luar konteks pembelajaran (√)
Dua wujud usaha memanusiakan hubungan ketika belajar yang dapat dilakukan ialah.....
a. Kehadiran pelatih ahli serta materi belajar modern
b. Pemetaan profil peserta belajar serta diferensiasi belajar (√)
c. Asesmen berstandar dalam setiap akhir kegiatan belajar
d. Penggunaan piranti dan aplikasi TIK canggih dalam kegiatan belajar
Memanusiakan hubungan membantu peserta komunitas belajar.....
a. Membangun hubungan penuh empati antar anggota komunitas (√)
b. Membangun jejaring eksternal guna memperluas jaringan komunitas
c. Merancang perbendaharaan materi belajar komunitas selama periode program
d. Merancang program kerja komunitas yang sesuai dengan tuntutan zaman
Untuk menyiapkan komunitas sebagai ruang perlawanan miskonsepsi, maka guru anggota komunitas dapat segera memulai dengan …
a. Menerapkan praktik baik di kelas dan menyebarkannya di komunitas (√)
b. Banyak mengadakan webinar dan lokakarya dengan narasumber ahli
c. Menambah jumlah perangkat dan aplikasi TIK terkini untuk modernisasi pembelajaran
d. Terus memperluas jejaring komunitas hingga di luar ranah pendidikan
MODUL 5: Merawat Komunitas dengan Prinsip 5M
Cara menjaring ide kegiatan berbagi praktik yang kontekstual adalah dengan…
a. Mengikuti rekaman rapat Kebijakan Pendidikan di Youtube
b. Meminta seorang guru untuk selalu menentukan ide/tema
c. Berdiskusi isu/tantangan yang sedang dihadapi sekolah
d. Mendaftar sesuai urutan buku paket pelajaran (√)
Note: Jawaban D dianggap salah
Apa kegiatan sederhana yang dapat membuat komunitas tetap berlanjut atau tetap hidup?
a. Melaksanakan pertemuan dengan berbagai stakeholder
b. Merefleksikan kegiatan komunitas dalam laporan dampak (√)
c. Menggalang dukungan material, finansial, dan sosial
d. Membuat laporan, lalu menyimpan laporannya di lemari
Laporan dampak komunitas dapat berisi tiga hal, yaitu...
Jumlah bukti praktik baik, jumlah diskusi dalam grup, dan jumlah sesi berbagi praktik baik
Rancangan pembelajaran di kelas, jumlah percakapan komunitas yang dimulai, jumlah sei berbagi praktik baik yang dilakukan
Bukti praktik baik pembelajaran di kelas, jumlah percakapan komunitas yang diikuti, jumlah sesi berbagi praktik baik yang dilakukan
Rancangan pembelajaran di kelas, jumlah percakapan komunitas yang diikuti, jumlah sesi berbagi praktik baik yang dilakukan (√)
Note: Jawaban D dianggap salah
Miskonsepsi yang kerap dilakukan penggerak adalah menganggap bahwa menjadi penggerak berarti …
a. Selalu beraksi sendiri, bahkan melaksanakan semua lini tugas komunitas sendirian (√)
b. Selalu mendengarkan serta menghargai pendapat teman sekomunitas
c. Merancang rapat serta diskusi rutin berkala, bila dibutuhkan seminggu sekali
d. Merencanakan setiap program kerja serta pengembangan komunitas secara rinci
==================================================================
SOAL ALTERNATIF
Warga-warga sekolah yang dapat diajak diskusi mengenai ide kegiatan berbagi praktik baik adalah...
a. Murid dan orang tua murid
b. Kepala sekolah dan tim administrasi
c. Rekan sesama guru
d. Semua jawaban benar (√)
Apa prinsip yang perlu direfleksikan untuk membangun keberlanjutan komunitas?
a. Percakapan yang bersifat teori
b. Percakapan tentang kehidupan personal
c. Percakapan yang bersifat keluhan
d. Percakapan tentang praktik baik (√)
Agar program kerja komunitas terkelola sesuai karakter komunitas, maka peran dan tanggung jawab setiap anggota komunitas perlu ditentukan oleh…
a. Anggota komunitas yang aktif saja
b. Pemimpin komunitas melalui penunjukan dan surat tugas
c. Setiap anggota melalui proses refleksi diri dan diskusi bersama (√)
d. Pemimpin komunitas melalui voting seluruh anggota komunitas
Comments
Post a Comment