Soal Post Test Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Contoh Praktik

 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Contoh Praktik

MODUL 1: Menyiapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

1.1 Menyiapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Soal Latihan Pemahaman

1. Cara pandang pendidikan kontekstual berbasis projek yang berpusat pada murid, dirumuskan dari pandangan Ki Hajar Dewantara tentang hakikat pendidikan.

Pernyataan di atas adalah...

  1. Benar ()

  2. Salah

2. Salah satu langkah dalam persiapan implementasi projek profil adalah menentukan koordinator dan fasilitator projek.

Pernyataan di atas adalah...

  1. Benar ()

  2. Salah


Cerita Reflektif: 

Bagaimana pengalaman kegiatan belajar mengajar yang anda selama ini?

Jawab: Pembelajaran yang saya lakukan selama ini lebih menitikberatkan pada pengalaman peserta didik yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. Sehingga peserta didik akan lebih memahami dan tujuan pembelajaran akan tercapai.


Soal Post Test

1. Ki Hajar Dewantara menganalogikan anak atau murid adalah benih tanaman yang sesuai kodratnya memilki potensinya sendiri untuk tumbuh dan berkembang. Analogi tersebut merupakan pokok pengertian yang berhubungan dengan aspek?

A. Aspek sebagai subyek ()

B. Aspek kemandirian

C. Aspek kontekstual

D. Aspek projek


2. Menurut pandangan Ki Hajar Dewantara, pendidikan adalah tuntunan dalam mengembangkan kemampuannya untuk menghadapi keadaan zaman dan keadaan lingkungan sekitar. Bagaimanakah cara pembelajaran yang sesuai atau relevan dengan pandangan tersebut?

A. Cara pembelajaran instruksional

B. Cara pembelajaran yang kontekstual ()

C. Cara pembelajaran mandiri

D. Cara pembelajaran berbasis di dalam kelas


3. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan implementasi dari paradigma pendidikan kontekstual berbasis projek. Apakah artinya projek dalam hal ini?

A. Pembelajaran dengan menjalankan rencana yang sudah dibuatkan oleh guru

B. Pembelajaran yang dilakukan hanya sekali sesuai jam pelajaran yang ditentukan

C. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan anggaran khusus

D. Belajar memecahkan masalah sekitar yang dihadapi murid ()


Alternatif Soal

  1. Pendidikan kontekstual berbasis projek yang berpusat pada murid merupakan paradigma pendidikan penguatan karakter kemandirian. Mengapa paradigma tersebut menempatkan murid sebagai pusat pembelajaran?

A. Karena murid adalah pribadi yang memiliki daya kehendak sendiri untuk mengembangkan kemampuannya ()

B. Supaya murid bisa belajar menjadi pribadi yang lebih mandiri

C. Karena murid merupakan bagian dari pelaku pendidikan yang harus diberi kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru.

D. Supaya murid bisa lebih konsentrasi dan perhatiannya dalam belajar bisa lebih fokus


  1. Paradigma pendidikan kontekstual berbasis projek yang berpusat pada murid mencakup tiga aspek integral. Berikut ini merupakan aspek integral kecuali?

A. Aspek sebagai subyek

B. Aspek kemandirian

C. Aspek kontekstual

D. Aspek projek ()


MODUL 2: Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

2.1 Identifikasi potensi Satuan Pendidikan

Soal Latihan Pemahaman

  1. Langkah kedua untuk menyiapkan projek profil sesudah menentukan tim fasilitator adalah satuan pendidikan melakukan identifikasi kesiapan penerapan projek profil.

Pernyataan di atas adalah...

  1. Benar ()

  2. Salah


  1. Dimensi profil pelajar Pancasila sebagai tujuan projek profil dalam satuan pendidikan bisa ditentukan oleh guru di tahap

  1. Benar ()

  2. Salah


Cerita Reflektif:

Bagaimanakah Anda menjalankan peran Anda sebagai pendidik di dalam kegiatan pembelajaran bersama murid?


Jawabannya adalah:  Guru dapat menjadi teladan, model, sekaligus mentor bagi anak didik dalam mewujudkan perilaku berkarakter yang mencakup olah pikir,

olah hati, dan olah rasa.


2.2 Mendesain projek penguatan profil pelajar pancasila

Soal Latihan Pemahaman

1. Guru yang punya hak untuk menentukan dimensi projek profil, murid tidak berhak menentukan, meskipun itu pada satuan pendidikan tahap mahir.

Pernyataan di atas adalah...

  1. Benar

  2. Salah ()


2. Dalam desain projek profil, hanya guru yang boleh melakukan asesmen atau penilaian terhadap proses dan karya murid. Pernyataan di atas adalah...

  1. Benar

  2. Salah ()

Cerita Reflektif:

Menurut Anda, apa yang berbeda antara kegiatan belajar mengajar yang selama ini Anda jalankan dengan desain alur pembelajaran projek profil?


Jawabannya: Kegiatan belajar mengajar lebih berfokus pada rencana kegiatan pembelajaran, sementara alur pembelajaran fokusnya lebih pada strategi dan proses pembelajaran.


Soal Post Test

  1. Memahami perubahan peran merupakan bagian dari upaya membangun budaya yang mendukung terciptanya ekosistem pendidikan kontekstual. Siapakah yang harus memahami perubahan perannya untuk dapat mendukung upaya terciptanya ekosistem pendidikan kontekstual?

  1. Murid

  2. Guru

  3. Kepala sekolah

  4. Semuanya benar()


  1. Hasil temuan data pada kegiatan observasi kemudian dikaji, dipilih, dipilah dan dianalisa untuk mendapatkan simpulan.

Selanjutnya murid melanjutkan pembelajarannya pada tahap penentuan pilihan karya. Mengapa simpulan hasil kajian data dan informasi merupakan suatu hal yang penting dan utama di dalam pembelajaran berbasis projek?

  1. Simpulan kajian data dan informasi hasil observasi merupakan pengetahuan baru yang murid dapatkan sendiri dan bermanfaat bagi murid ()

  2. Simpulan kajian data merupakan informasi tambahan yang memperkuat alasan pemilihan topik projek

  3. Simpulan kajian data menentukan asesmen sumatif murid nantinya

  4. Semua benar


  1. Refleksi diri menjadi tahap pembelajaran bagi murid untuk menentukan pilihan topik projek. Apakah yang dimaksud dengan tahap kegiatan refleksi diri?

A. Refleksi diri adalah kegiatan yang menandakan bahwa pembelajaran projek itu bagus.

B. Refleksi diri merupakan kegiatan murid untuk memahami topik projek yang ditentukan oleh guru.

C. Refleksi diri merupakan kegiatan murid mengenali kepeduliannya terhadap kenyataan lingkungan dan kehidupan sosial-budaya masyarakat sekitar. ()

D. Refleksi adalah kegiatan murid merencanakan tahap-tahap dalam proses pembelajaran berbasis projek.


  1. Dalam desain projek profil, terdapat cukup banyak tahapan pembelajaran. Yang merupakan salah satu tahap awal dalam kegiatan projek profil, yaitu..

A. Refleksi untuk menentukan kesiapan satuan pendidikan ()

B. Pemutakhiran data satuan pendidikan

C. Observasi dan penentuan simpulan

D. Kajian bahan referensi untuk penelitian


  1. Budaya yang mendukung penerapan pembelajaran kontekstual berbasis projek yang berpusat pada murid dapat dimulai dari pembiasaan untuk menghormati hak murid sebagai subjek pembelajar. Berikut adalah wujud sikap menghormati hak murid sebagai subjek, kecuali...

A. Mendengarkan pendapat murid

B. Memperhatikan semua, tapa kecuali

C. Memberikan kesempatan murid untuk bertanya

D. Membuatkan rencana pembelajaran untuk murid()


  1. Ekosistem pendidikan kontekstual harus dibangun dan dikuatkan untuk mendukung implementasi pendidikan kontekstual berbasis projek. Berikut ini merupakan langkah-langkah persiapan membangun ekosistem pendidikan kontekstual, kecuali.....

A. Membangun budaya sekolah yang mendukung

B. Memperbaiki sarana dan prasarana penunjang()

C. Memaknai perubahan peran pemangku kepentingan

D. Mendorong penguatan kapasitas pendidik



MODUL 3: Mengelola Projek Profil

3.1 Asesmen Formatif Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Soal Latihan Pemahaman

  1. Rubrik merupakan salah satu instrumen asesmen yang dipergunakan guru untuk melihat ketercapaian kompetensi murid sesuai dengan tujuan projek.

Pernyataan di atas adalah....

  1. Benar()

  2. Salah


  1. Asesmen formatif dalam pembelajaran projek profil dimaksudkan sebagai umpan balik bagi murid untuk memperbaiki capaian pembelajarannya.

Pernyataan di atas adalah...

  1. Benar()

  2. Salah


Cerita Reflektif: 

Apa yang dapat Anda buat berbeda saat akan melakukan asesmen projek profil dengan asesmen yang selama ini sudah Anda lakukan?

Jawab: Asesmen projek profil pelajar pancasila berbeda dengan asesmen lainnya. Asesmen projek profil adalah sebuah projek yang mencerminkan karakter pelajar sesuai dengan Pancasila.






3.2 Refleksi Sebagai Dasar Menentukan Topik Projek

Soal Latihan Pemahaman

1. Refleksi diri merupakan bagian dari kegiatan satuan pendidikan mempersiapkan pelaksanaan penguatan projek profil.

Pernyataan di atas adalah…

A. Benar()

B. Salah


2. Untuk memudahkan guru dalam memfasilitasi projek, maka pilihan jenis topik projek peserta didik sebaiknya dibatasi saja.

Pernyataan di atas adalah..

A. Benar

B. Salah()


Cerita Reflektif: 

Bagaimana Anda selama ini melakukan refleksi dalam kegiatan pembelajaran Anda?

Jawab: Refleksi dilakukan bersama peserta didik.



3.3 Pemetaan Potensi Sumber Belajar

Soal Latihan Pemahaman

  1. Observasi merupakan kegiatan untuk menentukan pilihan topik projek yang kontekstual.

Pernyataan di atas adalah...

  1. Benar

  2. Salah()


  1. Narasumber untuk observasi penguatan informasi terkait pilihan topik projek hanyalah para akademisi dari perguruan tinggi.

Pernyataan di atas adalah...

  1. Banar

  2. Salah()


Cerita Reflektif: 

Pernahkah Anda mengajak murid untuk melakukan observasi? Ceritakan pengalaman Anda!


Jawab: Pernah. Observasi memberikan tantangan dan pengetahuan baru terhadap hal-hal baru disekitarnya. Misal peserta didik melakukan observasi pada badan usaha yang sudah memiliki izin dan belum memiliki izin. Sehingga peserta didik akan dapat membedakan lebih rinci produk yang dihasilkan oleh kedua badan usaha tersebut.


Soal Post Test

1. Di antara para pelaku kepentingan di satuan pendidikan, siapakah pelaku utama dari pelaksana projek profil?

A. Kepala sekolah

B. Guru

C. Peserta didik()

D. Mitra dan masyarakat


2. Tahap persiapan projek profil dimulai dengan pembentukan tim fasilitator projek yang ditentukan oleh kepala sekolah. Tahap pelaksanaan dimulai dengan refleksi diri peserta didik. Mengapa refleksi diri peserta didik menjadi kegiatan penting dalam proses pelaksanaan projek?

A. Refleksi diri dimaksudkan sebagai kegiatan yang dapat mengajarkan kemandirian peserta didik

B. Refleksi diri dimaksudkan sebagai kegiatan penentu perkembangan kedewasaan emosi peserta didik

C. Refleksi diri dimaksudkan sebagai kegiatan bagi peserta didik untuk menentukan target capaian kompetensi

D. Refleksi diri dimaksudkan sebagai momen pengakuan peserta didik sebagai subjek pembelajar yang menentukan apa yang ingin dipelajari.()


3. Observasi merupakan bagian pokok dari alur pembelajaran berprojek. Berikut adalah tujuan dari observasi, kecuali…

A. Untuk memperluas pengalaman berteman dalam berprojek.(√)

B. Untuk mendapatkan pengetahuan atau informasi yang memperkuat tujuan projek

C. Untuk mendapatkan pengetahuan atau informasi yang objektif 

D. Untuk mendapatkan alternatif pengetahuan atau informasi baru


4. Selain memetakan dan menyusun potensi sumber belajar, kegiatan lain yang dapat dilakukan agar persiapan observasi menjadi matang yaitu..

A. Mencari pengertian observasi dan tujuan dari observasi

B. Menyusun daftar pertanyaan sebagai instrumen atau alat observasi

C. Menyusun data sumber pembelajaran projek

D. Meringkas data hasil observasi(√)


5. Mengapa murid perlu dilibatkan dalam menyusun instrumen asesmen projek profil?

A. Supaya dari awal murid paham tentang minat dan kemampuannya yang akan dikembangkan ()

B. Supaya murid paham bahwa dirinya mampu untuk mandiri.

C. Supaya guru bisa mendapatkan penilaian yang lebih objektif

D. Supaya menghindarkan guru dari kekeliruan dalam penilaian


6. Jurnal guru merupakan catatan proses kegiatan pendampingan harian yang dilakukan guru terhadap murid dalam menjalankan projek. Apa manfaat jurnal guru dalam asesmen?

A. Sebagai dokumen intensitas pendampingan

B. Sebagai data asesmen perkembangan harian murid ()

C. Sebagai pelengkap laporan saja.

D. Sebagai bagian dari syarat fasilitasi kegiatan murid


Alternatif Soal

1. Observasi merupakan kegiatan yang dilakukan peserta didik untuk mendapatkan pengetahuan, informasi atau data yang dapat mendukung pencapaian tujuan projek. Berikut yang merupakan bagian dari kegiatan observasi adalah…

A. Memahami pengertian tentang kegiatan observasi

B. Membuat instrumen atau alat untuk observasi

C. Mencari referensi pengetahuan, informasi atau data yang dibutuhkan

D. Semua benar ()


2. Setelah memilih tema projek, satuan pendidikan dapat memilih topik Apakah yang dimaksud dengan topik projek?

A. Topik merupakan is utama yang ditetapkan pemerintah.

B. Topik adalah suatu pokok persoalan yang dihadapi masyarakat sekitar sekolah sebagai turunan dari tema yang sudah dipilih. ()

C. Topik adalah capaian tujuan yang ditetapkan oleh guru dalam projek profil.

D. Topik merupakan pokok persoalan yang harus diselesaikan peserta didik sebelum memulai projek profil


3. Asesmen tidak terpisahkan dari rangkaian perencanaan pembelajaran dalam projek profil. Apa yang dimaksud dengan hal ini?

A. Asesmen itu utuh dan menyeluruh dalam melihat ketercapaian kompetensi murid. ()

B. Asesmen itu berarti melibatkan lintas disiplin pelajaran

C. Asesmen itu harus ilakukan bersama narasumber

D. Semua salah


4. Asesmen merupakan sebuah penilaian atas proses kegiatan murid dalam menjalankan projek pembelajaran. Apa hal utama yang dinilai guru dalam asesmen formatif dalam projek profil?

A. Keaktifan murid

B. Perkembangan potensi murid sesai dengan tujuan projek ()

C. Minat dan bakat murid

D. Kepatuhan murid


5. Salah satu tujuan dari refleksi diri adalah membuka kesadaran peserta didik terhadap persoalan yang terjadi di lingkungan sekitar peserta didik. Selain itu, apa tujuan lain dari refleksi diri peserta didik bersama guru dalam proses pembelajaran projek profil?

A. Refleksi merupakan momen yang bertujuan membangun dialog kesetaraan antara guru dan peserta didik.()

B. Refleksi diri dimaksudkan sebagai momen pengakuan peserta didik sebagai subjek pembelajar.

C. Refleksi diri dimaksudkan sebagai kegiatan penentu perkembangan kedewasaan emosi peserta didik

D. Refleksi diri dimaksudkan sebagai kegiatan bagi peserta didik untuk menentukan produk karya yang ingin dihasilkan 


MODUL 4: Pengkayaan Referensi Ide Karya

4.1 Dasar Menentukan Ide Karya

Soal Latihan Pemahaman

  1. Kesimpulan yang diperoleh peserta didik dari hasil kajian data merupakan pengetahuan baru yang menentukan nilai capaian kompetensi peserta didik.

Pernyataan di atas adalah...

  1. Benar

  2. Salah ()


Cerita Reflektif: Ceritakan pengalaman Anda dalam mendampingi murid dalam presentasi hasil karyanya!


Jawab: Projek yang dihasilkan oleh peserta didik sangat luar biasa. Dari berbagai karakter dan pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik, serta dikemas dalam sebuah projek maka hasilnya sangat fantastis. Guru hanya sebagai fasilitator, mengarahkan peserta didik ketika menemukan kesulitan.




4.2 Membuat Rencana Produksi

Soal Latihan Pemahaman

  1. Referensi karya hanya dapat ditemukan di media gambar dan video.

Pernyataan di atas adalah…

A. Benar

B. Salah ()


Cerita Reflektif: Satu hal yang saya akan lakukan setelah mempelajari materi ini, yaitu…


Jawab: Akan mempelajari modul lainnya yang tentunya membantu meningkatkan kompetensi.


4.3 Proses Produksi Karya

Soal Latihan Pemahaman

  1. Bertukar wawasan dan pengalaman dengan sesama guru merupakan salah satu cara meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam mendampingi murid.

Pernyataan di atas adalah…

A. Benar ()

B. Salah


Cerita Reflektif: Bagaimana cara anda selama ini dalam membantu murid untuk menghadapi tantangan dan kesulitan dalam proses belajar?

Jawab: Dengan cara mengidentifikasi kesulitan / tantangan yang dihadapi oleh murid, kemudian mendampingi murid dalam mencari jalan keluar terbaik untuk dirinya.


4.4 Persiapan Pameran Publik

Soal Latihan Pemahaman

1. Persiapan presentasi publik merupakan kegiatan yang terpisah dari rangkaian pembelajaran berbasis projek.

Pernyataan di atas adalah..

A. Benar

B. Salah ()


2. Selain mempersiapkan materi yang akan dipresentasikan, persiapan presentasi publik juga merupakan kegiatan untuk mempersiapkan kepercayaan diri murid dalam berbicara di depan umum.

Pernyataan di atas adalah…

A. Benar ()

B. Salah


Cerita Reflektif: Bagaimana anda melihat kemampuan anda dalam memfasilitasi murid untuk mempersiapkan kegiatan presentasi publik? Apa yang perlu Anda perbaiki?


Jawab: Pada Kurikulum Merdeka, guru sebagai fasilitator peserta didik, itu artinya guru memiliki tugas mendampingi apa yang menjadi keinginan peserta didik.



Soal Post Test 

1. Untuk mendapatkan desain hasil karya, peserta didik dapat mencari referensi karya dari berbagai media. Apa yang dimaksud dengan referensi ide karya?

A. Daftar pilihan contoh karya yang akan diproduksi guru

B. Rujukan informasi tentang produk karya yang dapat menjadi sumber pengetahuan murid. ()

C. Rancangan desain karya yang akan dijadikan acuan dalam asesmen

D. Petunjuk teknis pelaksanaan proses produksi karya


2. Dalam rangkaian proses produksi, desain karya diperlukan sebelum perencanaan produksinya. Apa hubungan antara desain karya dengan perencanaan produksi?

A. Desain karya merupakan dokumen pelengkap rencana produksi

B. Desain karya merupakan konsep yang akan dinilai.

C. Desain karya merupakan acuan kebutuhan produksi karya yang dijabarkan ke dalam rencana produksi ()

D. Desain karya merupakan landasan pembuatan tema dan topik projek


3. Sekurangnya ada tiga sikap dasar yang harus disadari guru dalam mendampingi murid. Berikut adalah ketiga sikap dasar tersebut, kecuali…

A. Dialog fokus menggali potensi kemampuan peserta didik()

B. Menempatkan peserta didik sebagai mitra dialog 

C. Membangun komunikasi yang memberdayakan peserta didik

D. Terbuka pada kesalahan yang murid alami


4. Komunikasi yang setara antara guru dan peserta didik dapat membantu peserta didik dalam menghadapi tantangan dan kesulitan. Dalam praktiknya komunikasi yang setara dilaksanakan dengan cara…

A. Memberikan nasihat

B. Mengajak dialog ()

C. Memberikan bimbingan dan arahan langsung

D. Mengajak berbicara dengan orang tua


5. Jika satuan pendidikan memutuskan untuk mengadakan presentasi publik, maka guru berperan sebagai fasilitator dalam membantu mempersiapkan presentasi publik. Apa yang dimaksud dengan presentasi publik dalam rangkaian pembelajaran berbasis projek?

A. Kegiatan murid untuk menyampaikan capaian hasil projek()

B. Kegiatan murid untuk menyelesaikan pembelajaran berbasis projek

C. Kegiatan murid untuk memperbaiki hasil projek yang belum mencapai target

D. Kegiatan murid untuk mendokumentasikan rangkaian proses berprojek 


6. Persiapan presentasi publik merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pembelajaran berbasis projek. Berikut ini adalah salah satu materi yang perlu dipersiapkan oleh peserta didik untuk presentasi publik…

A. Mempersiapkan kostum yang tematik

B. Mempersiapkan catatan jurnal kegiatan harian selama berprojek ()

C. Mempersiapkan keuangan

D. Mempersiapkan dana kebutuhan pameran


7. Kegiatan mengumpulkan data meliputi kegiatan untuk memilah dan memilih data. Apa yang dimaksud dengan memilah data?

A. Menyeleksi data hasil observasi berdasarkan narasumbernya

B. Membagi-bagikan data kepada anggota kelompok kajian

C. Memastikan data hasil observasi mencakup semua minat mitra

D. Mengelompokkan data hasil observasi berdasarkan isi informasinya ()


8. Observasi merupakan bagian dari kegiatan sebuah riset untuk mencari dan mendapatkan informasi atau data yang dibutuhkan untuk mendukung topik pilihan peserta didik. Data hasil observasi selanjutnya dikaji. Apa yang dimaksud dengan kajian data?

A. Bagian dari rangkaian riset untuk menentukan hasil karya

B. Kegiatan menganalisis dan menginterpretasikan hasil analisis untuk mendapatkan kesimpulan()

C. Mempelajari data sebagai untuk diuji kebenarannya oleh guru

D. Semua benar 


Alternatif Pertanyaan

  1. Jika ingin membuat rancangan kegiatan produksi hasil karya projek, murid dapat membuat tabel rencana anggaran produksi. Kolom apa saja yang diperlukan untuk memperjelas rencana anggaran produksi hasil karya projek profil?

A. Kolom kebutuhan

B. kolom satuan harga

C. Kolom Jumlah Harga

D. Ketiganya benar()


  1. Dalam mendampingi peserta didik, guru diharapkan memiliki kemampuan mengenali dan dapat mengidentifikasi sumber daya yang dimiliki peserta didik supaya guru bisa membantu dalam menyelesaikan persoalan secara tepat. Kemampuan guru dalam mendampingi peserta didik untuk menyelesaikan masalah seperti itu merupakan kemampuan guru sebagai…

A. Sebagai mentor()

B. Sebagai konselor

C. Sebagai kontributor

D. Sebagai coach


  1. Presentasi publik merupakan kegiatan yang terbuka untuk umum, terutama para pihak yang dilibatkan dalam pembelajaran berbasis projek. Apa tujuan kegiatan presentasi publik?

A. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam merancang pameran

B. Meningkatkan pengetahuan peserta didik tentang arti pembelajaran berbasis projek

C. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyampaikan gagasan dalam diskusi

D. Meningkatkan kemauan dan kemampuan peserta didik untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan()


  1. Hasil akhir dari proses kajian data hasil observasi adalah suatu kesimpulan yang merupakan pengetahuan baru. Mengapa kesimpulan hasil kajian data observasi dianggap sebagai pengetahuan baru?

A. Kesimpulan merupakan jawaban atas sesuatu yang ingin diketahui peserta didik melalui observasi()

B. Kesimpulan merupakan akhir dari projek

C. Hasil dari kesimpulan memberikan nilai tertinggi dalam asesmen

D. Semua benar


MODUL 5: Evaluasi dan Tindak Lanjut

5.1 Fasilitasi Asesmen Pembelajaran Berprojek

Soal Latihan Pemahaman

1. Assesmen merupakan bagian dari alur projek yang berfungsi sebagai ruang untuk menguji tingkat kemampuan murid. Pernyataan di atas adalah...

A. Benar

B. Salah()


2. Salah satu manfaat asesmen bagi murid adalah untuk melatih kemampuannya dalam berargumen.

Pernyataan di atas adalah..

A. Benar()

B. Salah


3. Asesmen dapat dilakukan bersama antara guru dan pihak lain yang berkepentingan dengan projek murid.

Pernyataan di atas adalah...

A. Benar()

B. Salah


4. Dalam asesmen yang dinilai adalah kemampuan murid dalam memproduksi karya.

Pernyataan di atas adalah...

A. Benar

B. Salah()


5. Asesmen dalam pembelajaran berprojek bersifat holistik atau menyeluruh.

Pernyataan di atas adalah...

A. Benar()

B. Salah


6. Tujuan asesmen formatif adalah memberikan umpan balik atas kegiatan belajar murid dalam berprojek.

Pernyataan di atas adalah..

A. Benar()

B. Salah



Cerita Reflektif: 

● Bagaimana anda selama ini melakukan penilaian terhadap murid? 

● Apakah penilaian yang selama ini anda lakukan sudah mencakup seluruh ranah kompetensi murid? 

● Jelaskan pandangan anda tentang peluang dan tantangan dalam menerapkan metode asesmen kegiatan pembelajaran berprojek.

Jawab: 

● Penilaian yang selama ini dilakukan lebih cenderung monoton. 

● Penilaian yang telah dilakukan selama ini belum mencakup seluruh ranah kompetensi. 

● Asesmen kegiatan pembelajaran berbasis projek lebih menarik dan memaksimalkan kompetensi murid.


5.2 Fasilitasi Evaluasi Proses Projek Penguatan Pelajar Pancasila

Soal Latihan Pemahaman

1. Rencana tindak lanjut projek profil merupakan tahap akhir yang dilaksanakan setelah evaluasi tahap akhir proses projek?

A. Benar ()

B. Salah


2. Evaluasi proses projek profil di setiap satuan pendidikan dilakukan dengan satu metode yang sama?

A. Benar

B. Salah ()


3. Melibatkan murid merupakan salah satu prinsip dari pelaksanaan evaluasi projek profil?

A. Benar ()

B. Salah


4. Evaluasi kegiatan projek profil hanya untuk mengevaluasi proses kegiatan projek yang dilakukan oleh murid. Pernyataan di atas adalah...

A. Benar

B. Salah ()


5. Pengawas satuan pendidikan berperan membantu evaluasi para guru dengan memberikan pertanyaan reflektif yang memantik pemahaman, pemikiran dan kreatifitas para guru?

A. Benar ()

B. Salah


6. Hasil evaluasi menjadi salah satu pertimbagan penting bagi satuan pendidikan dalam menentukan rencana tindak lanjut?

A. Benar ()

B. Salah


Cerita Reflektif

● Apakah anda pernah memfasilitasi para murid untuk melakukan kegiatan evaluasi? Kalau pernah, jelaskan pengalaman anda? Kalau tidak pernah, jelaskan mengapa tidak pernah. 

● Ceritakan pengalaman anda dalam mengevaluasi proses perkembangan diri anda sebagai pendidik atau guru.

Jawab : 

● Pernah. Evaluasi yang sudah pernah saya lakukan adalah memfasilitasi peserta didik dalam mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi sebelum dilakukan rencana tindak lanjut.

● Evaluasi pengembangan diri selalu dilakukan secara periodik setiap enam bulan sekali hal ini berkaitan dengan performance appraisal.


Soal Post Test

1. Dalam kesempatan assesmen, murid dapat mempresentasikan materi projeknya. Poin-poin presentasi dapat terdiri dari latar belakang, proses riset, eksperimen dan produksi, dan refleksi. Apa isi dari poin latar belakang yang dipresentasikan murid?

A. Refleksi murid atas keadaan lingkungan sekitar sehingga menjadi dasar/acuan dalam berprojek ()

B. Proses melakukan kajian data

C. Penyusunan rencana pembelajaran

D. Penyusunan rencana anggaran produksi


2. Fungsi asesmen adalah sebagai alat untuk memudahkan para pihak, terutama guru dalam mendeskripsikan perkembangan murid selama menjalankan projek. Sedangkan tujuan asesmen adalah untuk...

A. Menentukan bagus tidaknya projek

B. Mengetahui kebutuhan guru

C. Memberikan umpan balik atas kegiatan pembelajaran murid ()

D. Menguji kepercayaan diri murid


3. Salah satu prinsip evaluasi proses pelaksanaan projek profil adalah “menyeluruh”. Apa artinya “menyeluruh” dalam hal ini?

A. Mencakup semua aspek kebutuhan dan minat

B. Mencakup semua aspek proses projek profil ()

C. Mencakup semua faktor pendukung projek murid

D. Semuanya salah


4. Evaluasi dan rencana tindak lanjut merupakan tahap akhir dalam langkah-langkah projek profil yang bertujuan untuk menilai keseluruhan proses projek. Sebelum melakukan evaluasi ada beberapa hal pokok yang harus dipahami bersama. Berikut adalah hal-hal pokok yang dimaksud kecuali?

A. Prinsip dalam evaluasi

B. Perencanaan evaluasi

C. Metode evaluasi

D. Peran pengawas satuan pendidikan ()


  1. Murid merupakan salah satu pelaku yang harus aktif terlibat dalam mengevaluasi proses projek profil. Apa peran yang dilakukan guru dalam kegiatan evaluasi bersama murid?

  1.  Sebagai motivator

  2. Sebagai mentor

  3. Sebagai fasilitator ()

  4. Semuanya benar




Comments

Popular posts from this blog

Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik - Merdeka Belajar

Asesmen As, For, dan Of Learning - Merdeka Belajar

Soal Post Test Refleksi dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK1.